Rabu, 02 Juli 2008

Mengingat 1999 awal mula suka mendaki

dari sekian lamanya tak pernah berjumpa dengan teman2 pecinta alam, akhirnya tadi malam 11.32 tanpa tak sengaja kita di temukan kembali dan di persatukan lagi.
rasa tetes air mata, tawa telah menjadi satu dan itupun tak bisa di hentikan.
terasa semanggat untuk kembali lagi menjadi pecinta alam terasa sangat gembira dalam hati.
tetapi apa boleh buat pekejaan tak bisa di tinggalkan dan kehidupan semakin berubah dengan waktu yang berputar setiap detiknya.

TIM Skrekanex berjumlah 7 orang ( Steve, Hari, Andhi, Iman, Agus, Afrizal, Aris ) bulan Nopember 1999 melakukan pendakian ke Gunung Semeru di Jawa Timur. Gunung Semeru adalah gunung suci kediaman para Dewa, merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 M dpl (puncak Mahameru). Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir Nopember 1973.

Gunung ini masuk dalam kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gn.Tengger antara lain; Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m). Terdapat empat buah danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo, Ranu Darungan.

Diperlukan waktu sekitar empat hari untuk mendaki puncak gunung Semeru pulang- pergi. Sebaiknya membawa bekal untuk satu minggu karena kita akan betah berkemah, bisa jadi karena pemandangan dan suasana yang sangat indah, atau karena kecapaian setelah mendaki gunung semeru.

Untuk mendaki gunung semeru dapat ditempuh lewat kota malang atau lumajang. Dari terminal kota malang kita naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Disambung lagi dengan Jip atau Truk Sayuran yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang. Untuk menumpang truk sayuran dikenakan biaya per orang Rp.30.000,- hingga Pos Ranu Pani. Sedangkan biaya sewa atau carter jip sebesar Rp.450.000,-

Sebelumnya kita mampir di Gubugklakah untuk memperoleh surat ijin, untuk umum dikenakan biaya Rp.6.500,- per orang, sedangkan untuk pelajar dan mahasiswa dikenakan biaya Rp.5.500,- per orang.

Dengan menggunakan Truk sayuran atau Jip perjalanan dimulai dari Tumpang menuju Ranu Pani desa terakhir di kaki semeru. Di sini terdapat Pos pemeriksaan, terdapat juga warung dan pondok penginapan. Pendaki juga dapat bermalam di Pos penjagaan. Di Pos Ranu Pani juga terdapat dua buah danau yakni danau (ranu) pani (1 ha) dan ranu regulo (0,75 ha). Terletak pada ketinggian 2.200 mdpl.

Tidak ada komentar: